logo pa nunukan   

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA                   

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal, Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp : 0556-23939 | Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Written by Feriyanto on . Hits: 285

PA Nunukan Gelar Sidang di Luar Gedung Sekaligus Verifikasi Penerimaan Perkara di Kecamatan Tulin Onsoi

 

s12

 

panunukan.go.id - Pengadilan Agama Nunukan menyelenggarakan Sidang di Luar Gedung atau dikenal masyarakat dengan Sidang Keliling sekaligus verifikasi penerimaan perkara yang dilaksanakan di Kecamatan Tulin Onsoi pada tanggal 17-20 Februari 2021. Pada agenda tersebut Ketua Pengadilan Agama Nunukan mengutus Bapak Tb. Agus Setiawarga, S.H.I., M.H./Wakil Ketua Pengadilan Agama Nunukan dengan didampingi dua orang Hakim, Panitera, Jurusita Pengganti, dan dua orang PPNPN sebagai tim pelaksana.

Terpilihnya Kecamatan Tulin Onsoi menjadi salah satu tempat prioritas kegiatan sidang di luar gedung karena lokasinya yang jauh dari Kantor Pengadilan Agama Nunukan sehingga untuk dapat bersidang di Kantor Pengadilan masyarakat membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga untuk memudahkan dan meringankan masyarakat di Kecamatan Tulin Onsoi, Ketua Pengadilan Agama Nunukan menetapkan lokasi tersebut sebagai tempat prioritas pelaksanaan sidang di luar gedung. Kemudian, untuk dapat sampai di lokasi tersebut, tim sidang di luar gedung harus menempuh perjalanan laut dan sungai sekitar 3 Jam dan perjalanan darat 30 Menit, dengan medan yang sangat menantang. Di laut dan sungai gelombang cukup besar dan di darat, jalan masih berupa tanah liat di sepanjang pinggir perkebunan kelapa sawit.

WhatsApp Image 2021 02 17 at 08.40.58

Suasana Saat Pemberangkatan dengan Menggunakan Speedboat

Acara sidang di luar gedung dan verifikasi penerimaan perkara tersebut dimulai dengan acara seremonial yang dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sebuku, pejabat desa dan masyarakat pencari keadilan. Dalam sambutannya Wakil Ketua Pengadilan Agama Nunukan menyampaikan bahwa jangan lagi ada nikah dibawah tangan cukup bapak dan ibu saja, jangan sampai ada keluarganya ikut-ikut menikah dibawah tangan karena kalau menikah di bawah tangan bila terjadi apa-apa maka yang dirugikan adalah istri dan anak-anak. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa sidang di luar gedung dan/atau sidang terpadu merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan. Kemudian, dalam sambutannya Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sebuku Bapak Muh. Yusri, S.Ag menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kedatangan dan pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Nunukan untuk masyarakat Kecamatan Tulin Onsoi.

sambutan

Sambutan dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Nunukan

Dalam kegiatan sidang di luar gedung tersebut perkara yang disidangkan sebanyak 11 perkara, dengan rincian 7 perkara permohonan itsbat nikah dan 4 perkara permohonan dispensasi kawin. Dari persidangan tersebut, alhamdulillah semua perkara dikabulkan dan setelah persidangan selesai masyarakat dapat langsung menerima salinan penetapan secara langsung. Selain itu, selama tanggal 17-20 Februari 2021, Tim dari Pengadilan Agama Nunukan juga melakukan verifikasi penerimaan perkara. Dalam kegiatan tersebut ada 26 perkara yang diterima dengan rincian; 23 perkara itsbat nikah dan 3 perkara cerai gugat. Perkara-perkara tersebut rencananya akan disidangkan secara terpadu dengan melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan dan Kementerian Agama Kabupaten Nunukan pada bulan Maret 2021. Dengan sidang terpadu maka masyarakat pencari keadilan tidak lagi hanya mendapatkan salinan penetapan setelah persidangan selesai, akan tetapi juga dapat sekaligus mendapatkan buku nikah, akta kelahiran anak, kartu keluarga, dan dokumen kependudukan lainnya.

Kemudian disela-sela kegiatan, Tim Redaktur Pengadilan Agama Nunukan melakukan wawancara dengan salah seorang penerima layanan sidang di luar gedung yang bernama Halimin bin Syarifuddin. Dalam keterangannya Bapak Halimin menyampaikan bahwa ia merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Nunukan dan menurutnya pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Nunukan sangat bagus. Selain itu, beliau berharap Pengadilan Agama Nunukan sering-sering menyelenggarakan sidang di luar gedung karena sangat membantu masyarakat. Di samping itu, Tim Redaktur Pengadilan Agama Nunukan juga melakukan wawancara dengan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sebuku. Dalam keterangannya beliau menyampaikan bahwa; pelayanan yang diberikan Pengadilan Agama Nunukan sangat luar biasa dan banyak masyarakat menyampaikan kepada kami bahwa ia merasa sangat terbantu dengan program sidang di luar gedung yang diselenggarakan oleh Pengadilan Agama Nunukan. Harapan kami mudah-mudahan ke depan kolaborasi antara Pengadilan Agama Nunukan dengan Kementerian Agama Kabupaten Nunukan serta Pemerintah Kabupaten Nunukan terjaga dengan baik sehingga bisa terus menghadirkan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat. (FY)

s2

Penyerahan Salinan Penetapan Kepada Pihak Setelah Sidang Perkara Tersebut Selesai Disidangkan

 

sverifikasi 1

Proses Verifikasi Penerimaan Perkara

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal
Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp:0556-23939
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Social Media Resmi
Pengadilan Agama Nunukan :
 iconfinder_facebook_386622.png twitter.png iconfinder_social-instagram-new-square2_1164347.png iconfinder_YouTube_2613309.png iconfinder_1_Whatsapp2_colored_svg_5296520.png iconfinder_google_4975305.png
X

Pengadilan Agama Nunukan

FITUR DI NON AKTIFKAN