logo pa nunukan   

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA                   

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal, Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp : 0556-23939 | Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Written by M.Rd on . Hits: 275

BENCHMARKING KEMENTRIAN ATR/BPN KABUPATEN NUNUKAN KE PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

 

mrd d

pa.nunukan.co.id. setelah Kementerian Pendayagunaan Aparur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan penghargaan kepada Pengadilan Agama Nunukan sebagai salah satu unit kerja pelayanan yang berhak untuk mendapatkan predikat “WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)” yang diserahkan pada tanggal 21 Desember 2020, hal ini membuat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Nunukan melirik pada satker ini untuk dijadikan tempat berbagi ilmu dan pengalaman (Benchmarking), setelah sebelumnya instansi tersebut mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) pada Kamis (21/1/2021) yang lalu.

Delapan orang anggota Team Pembangunan Zona Integritas pada Kementerian ATR/BPN Kabupaten Nunukan menyambangi Kantor Pengadilan Agama Nunukan pada Rabu (10/2/2021), team yang dipimpin oleh Agoes Prijanto (atau yang mewakili), datang sekitar pukul 14.00 WITA, dan langsung diterima oleh unsur pimpinan pada Pengadilan Agama Nunukan.

mrd a

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Nunukan, Muhammad Ridho yang di dampingi oleh Wakil Ketua (Tb. Agus Setiawarga) dan Hakim senior (Zainal Abidin), menyajikan makalah “Strategi Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM” di Ruang Serba Guna/Media Center Pengadilan Agama Nunukan.

mrd e

Dalam pemaparannya, Ketua Pengadilan Agama Nunukan menyampaikan bahwa, dasar hukum untuk melaksanakan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM mengacu pada UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, Perpres Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, serta PermenPAN&RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, dan khusus untuk seluruh satuan kerja pada lembaga yudikatif akan mengacu pada Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 58/KMA/III/2019, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Dan dalam pemaparannya, juga menyatakan, ”bahwa tolak ukur keberhasilan dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah komitmen bersama pimpinan dan seluruh pegawai di unit kerja tersebut, khususnya peran pimpinan sebagai rule model, yang diharapkan dapat merubah mekanisme kerja, pola pikir (mind set) dan yang dapat merubah budaya kerja (culture set) untuk keluar dari zona nyaman dan berusaha untuk membebaskan diri dari budaya korup, serta berusaha secara maksimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan membuat inovasi-inovasi yang berbasis teknologi informasi atau inovasi lainnya”.

Seluruh peserta benchmarking sangat antusias dan serius mengikuti kegiatan tersebut, ada Tanya jawab dan sekaligus juga sharing, apa saja kiat-kiat dan bagaimana caranya dan usaha apa saja yang dilakukan oleh pimpinan dan seluruh pegawai di Pengadilan Agama Nunukan yang meskipun jumlah personil sedikit dan berada di daerah perbatasan yang serba sangat terbatas, bisa dan mampu untuk mendapatkan predikat “WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)”.

Kegiatan tersebut berakhir sekitar pukul 17.00 WITA, ketua team Pembangunan ZI dari Kementerian ATR/BPN Kabupaten Nunukan dalam kata sambutan akhirnya mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan dan kesediaan pimpinan dan seluruh pegawai pada Pengadilan Agama Nunukan, serta merasa puas atas pemaparan yang disampaikan dan berbagi pengalamannya, kita semua berharap dan berdoa hanya kepada Allah SWT., semoga kegiatan di hari ini mendapat rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga Kantor Kementerian ATR/BPN Kabupaten Nunukan dapat meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Kantor Pengadilan Agama Nunukan meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Kemudian kegiatan diakhiri dengan foto bersama. (M.Rd.).

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal
Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp:0556-23939
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Social Media Resmi
Pengadilan Agama Nunukan :
 iconfinder_facebook_386622.png twitter.png iconfinder_social-instagram-new-square2_1164347.png iconfinder_YouTube_2613309.png iconfinder_1_Whatsapp2_colored_svg_5296520.png iconfinder_google_4975305.png
X

Pengadilan Agama Nunukan

FITUR DI NON AKTIFKAN