w3c wai AAA     w3c html 5
logo pa nunukan   

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA                   

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Written by Zhr on . Hits: 122

Wujud Nyata Pelayanan Prima, Pengadilan Agama Nunukan Gelar Pelayanan Terpadu Identitas Hukum Perkawinan dan Administrasi Kependudukan

Nunukan, 18 September 2020 | Belakangan ini Mahkamah Agung Republik Indonesia dan empat badan peradilan di bawahnya sedang gencar membangun Zona Integritas (ZI) dalam rangka mencapai predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). Salah satu output dari ZI sendiri yaitu terciptanya satuan kerja yang menerapkan pelayanan prima. Setiap satuan kerja berlomba-lomba untuk berbenah diri terutama dalam pemberian pelayanan yang terbaik bagi para pencari keadilan. Tak terkecuali Pengadilan Agama Nunukan yang baru-baru ini melaksanakan Pelayanan Terpadu Identitas Hukum Perkawinan dan Administrasi kependudukan bekerjsama dengan Kementerian Agama Kabupaten Nunukan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan pada hari Kamis (17/9/2020) di Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan Pelayanan Terpadu ini merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Bupati Nunukan (Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M.), Ketua Pengadilan Agama Nunukan (Muhammad Ridho, S.Ag.) dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan (H.M. Saleh, S.Ag., M.Pd.) pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020. MoU tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara 3 instansi yang bersangkutan dalam hal ini Pengadilan Agama Nunukan, Kementerian Agama Kabupaten Nunukan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan pada hari Selasa 15 September 2020, di Kantor PA Nunukan bersamaan dengan acara launching aplikasi SIP-PASTI.

WhatsApp Image 2020 09 21 at 08.47.18

Foto para pejabat yang hadir dalam kegiatan Pelayanan Terpadu

Pada acara pembukaan Pelayanan Terpadu tersebut, hadir langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Utara (H. Sanusi), Ketua PA Nunukan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Akhmad, S.IP., M.Si), Sekretaris Camat Tulin Onsoi (Sugiarto), dan Kepala KUA Kecamatan Sebuku (Yusri, S.Ag.). Kepala Disdukcapil Provinsi Kaltara pada sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap terselenggaranya kegiatan ini terutama atas antusias warga 2 kecamatan yaitu Kecamatan Tulin Onsoi dan Kecamatan Sebuku. “Kami berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja, melainkan akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan di daerah-daerah pelosok lainnya di Kabupaten Nunukan”, tegas Kepala Disdukcapil.

jjj

Sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Nunukan

Kegiatan Pelayanan Terpadu tersebut berhasil menyelesaikan 25 perkara yang terdiri dari 23 perkara isbat nikah dan 2 perkara permohonan Dispensasi Kawin. Pelayanan oleh 3 instansi dilaksanakan pada hari itu juga sampai pada pencari keadilan mendapatkan surat-surat yang berkaitan dengan identitas hukum perkawinan dan administrasi kependudukannya. Setelah selesai disidangkan, para pihak akan diberikan salinan penetapan, kemudian langsung mendatangi pos layanan KUA untuk diterbitkan buku nikah lalu menuju pos layanan Disdukcapil untuk mendapatkan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran Anak.

ccc

Penyerahan salinan penetapan kepada para Pemohon

terpadu

Penyerahan Salinan Penetapan, Kutipan Akta Nikah, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran Anak

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen ketiga instansi yang bersangkutan dalam rangka pemberian pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Nunukan. Masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut pun menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya karena dengan adanya program ini, mereka sangat terbantu baik dari segi waktu, tenaga dan finansial. Cukup dengan sehari, masyarakat akan mendapatkan surat-surat penting yang dibutuhkan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi pernikahan dan kependudukan. (Zhr)

ggg

Foto bersama tim Pelayanan Terpadu

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal
Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp:0556-23939
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
X

Pengadilan Agama Nunukan

FITUR DI NON AKTIFKAN