w3c wai AAA     w3c html 5
logo pa nunukan   

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA                   

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Written by FY on . Hits: 129

PELUNCURAN APLIKASI “SIP-PASTI” DAN PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA

 

15 09 20 1

 

pa.nunukan.co.id. Pada hari Selasa (15/09/2020), Ketua Pengadilan Agama, Muhammad Rido, S.Ag., secara resmi meluncurkan aplikasi “SIP-PASTI”, disandingkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pengadilan Agama Nunukan dengan Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, dan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan.

Acara tersebut dihadiri secara virtual oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur, Drs. Abdullah, S.H., M.H., Camat Kecamatan Sebatik Barat, dan Camat Kecamatan Sebatik, dan tamu virtual lainnya. Dan dihadiri secara langsung oleh Bupati Kabupaten Nunukan, yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten Daerah I, Muhammad Amin, S.H., Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Kepala Polisi Resort Nunukan, Kepala Imigrasi, Kepala Badan Pusat Statistik, Komandan Kompi Brimob, Kepala KUA Nunukan, Manager Bank Syariah Mandiri, dan undangan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Nunukan, menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan para tamu undangan baik virtual maupun yang datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Nunukan untuk menghadiri acara tersebut. Acara tersebut juga sebagai tindak lanjut adanya nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang Pelayanan Terpadu Identitas Hukum Perkawinan dan Administrasi Kependudukan Bagi Masyarakat Kabupaten Nunukan yang telah ditandatangani Pengadilan Agama Nunukan, Pemerintah Kabupaten Nunukan, dan Kementerian Agama Nunukan pada tanggal 12 September 2020 yang lalu dan pada hari ini akan ditandatangani tentang teknis pelaksanaannya. Lebih lanjut Ketua Pengadilan Agama Nunukan menuturkan, bahwa pada hari Kamis tanggal 17 September 2020 akan diadakan pelayanan terpadu yang melibatkan tiga instansi yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tulin Onsoi.

Dalam kata sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Nunukan juga menyampaikan bahwa secara geografis Kabupaten Nunukan memiliki wilayah yang sangat luas dan terdiri dari wilayah kepulauan sehingga untuk beracara di Pengadilan Agama Nunukan sangat sulit dan membutuhkan biaya yang sangat banyak, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Melihat tantangan itulah kemudian Pengadilan Agama Nunukan merespon dengan membuat satu inovasi berupa aplikasi berbasis teknologi informasi yaitu aplikasi “SIP-PASTI (Sistem Informasi Pekara Peradilan Agama Simple dan Terintegrasi)”. Dengan adanya aplikasi yang dapat di unduh melalui Play Store tersebut, masyarakat Kabupaten Nunukan dapat mengetahui bagaimana prosedur berperkara di Pengadila Agama Nunukan, dapat membuat surat gugatan ataupun permohonan, dapat mendaftarkan perkara dan bersidang secara elektronik melalui ecourt, dapat mengetahui jadwal sidang, dan dapat mengetahui produk pengadilannya sudah keluar atau belum. Dengan adanya inovasi tersebut beracara di Pengadilan Agama Nunukan menjadi lebih mudah karena beracara dapat dilakukan di rumah dan cukup dalam genggaman tangan. Lebih lanjut Ketua Pegadilan Agama Nunukan menuturkan, bahwa semua inovasi ini dalam rangka memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Nunukan baik yang tinggal di kota Nunukan maupun yang tinggal di kecamatan-kecamatan yang jauh dan sulit dijangkau. Setelah sambutan tersebut kemudian Ketua Pengadilan Agama Nunukan melaunching aplikasi SIP-PASTI dengan disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Kemudian Bupati Kabupaten Nunukan yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Daerah I, Muhammad Amin, S.H., menyampaikan sambutannya bahwa, nikah di bawah tangan yang terjadi dimasyarakat tidak dapat dipungkiri dan dengan adanya MoU serta Perjanjian Kerja Sama antara tiga Instansi yang beberapa saat nanti akan ditandatangani oleh Pemkab Nunukan yang dalam hal ini diwakili oleh Disdukcapil Kabupaten Nunukan, Pengadilan Agama Nunukan, dan Kemenag Kabupaten Nunukan merupakan wujud kepedulian dan pelayanan kita kepada masyarakat serta dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan prima yang efektif, efesien, dan lebih memberikan kemudahan pada masyarakat. Lebih lanjut kami berharap dengan adanya perjanjian kerjasama ini keluhan masyarakat menjadi berkurang dan pelayanan terkait identitas hukum perkawinan dan administrasi kependudukan tersebut dapat maksimal kita berikan.

Selanjutnya Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur menyampaikan sambutan bahwa atas nama Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Nunukan dalam membuat terobosan-terobosan dalam rangka memudahkan masyarakat. Adanya MoU serta Perjanjian Kerja Sama yang teknisnya akan segera ditandatangani tentang Pelayanan Terpadu Identitas Hukum Perkawinan dan Administrasi Kependudukan merupakan upaya untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat untuk memiliki dokumen pribadi kependudukan sehingga status suami istri menjadi sah dan mendapat perlindungan dari negara dan kemudian anak-anak yang dilahirkan memperoleh dokumen akta kelahiran. Kemudian aplikasi SIP-PASTI yang baru saja diluncurkan merupakan upaya dari Pengadilan Agama Nunukan untuk memberikan layanan yang terbaik dan memberikan layanan prima kepada masyarakat, dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat dengan mudah mengetahui bagaimana cara berperkara di Pengadilan Agama Nunukan, mayarakat dapat dengan mudah membuat gugatan/permohonan, masyarakat dapat dengan mudah mendaftarkan dan bersidang secara elektronik di Pengadilan Agama Nunukan, dan masyarakat dapat dengan mudah mendapat informasi tentang perkara yang baru berproses di pengadilan. Inovasi ini memberikan layanan yang sangat hemat, hemat waktu dan hemat biaya bagi masyarakat pencari keadilan serta inovasi ini sejalan dengan program Mahkamah Agung yaitu terwujudnya peradilan yang modern yaitu peradilan berbasis teknologi informasi.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pengadilan Agama Nunukan, Kementerian Agama Nunukan, dan Disdukcapil Kabupaten Nunukan, serta acara tersebut ditutup dengan peresmian Pos Bantuan Hukum Pembuatan Surat Gugatan Mandiri (Posbakum PASTI) yang merupakan layanan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu membayar jasa Advokat dalam hal membuat surat gugatan/permohonan secara mudah dan tanpa dipungut biaya apapun (gratis). (FY);

15 09 20 2

Foto Sambutan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur secara virtual

 

15 09 20 3

Foto Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Ketua Pengadilan Agama Nunukan

 

15 09 20 4

Foto Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Kemenag Kabupaten Nunukan

 

 

15 09 20 5

Foto Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Nunukan

 

15 09 20 6

Foto Saat Acara Peresmian Pos Bantuan Hukum Pembuatan Surat Gugatan Mandiri (Posbakum PASTI)

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal
Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp:0556-23939
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
X

Pengadilan Agama Nunukan

FITUR DI NON AKTIFKAN