logo pa nunukan   

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA                   

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal, Jl. Ujang Dewa, Nunukan - Kalimantan Utara 77482
Telp : 0556-23939 | Email: info@pa-nunukan.go.id

×

Warning

Error loading component: com_icagenda, Component not found.

Written by Feriyanto on . Hits: 29

PA Nunukan Sukses Gelar Sidang Terpadu Itsbat Nikah Secara Gratis di Kecamatan Sei Menggaris Kabupaten Nunukan

WhatsApp Image 2024 05 13 at 09.39.03

panunukan.go.id - Pada hari Jum’at 26 April 2024 Pengadilan Agama Nunukan menyelenggarakan Sidang Terpadu Isbat Nikah yang di laksanakan di Desa Sri Nanti Kecamatan Sei Menggaris Kabupaten Nunukan. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Disdukcapil Propinsi Kalimantan Utara, Disdukcapil Kabupaten Nunukan dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Sei Menggaris. Pada kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Nunukan mengutus Bapak Feriyanto, S.H.I., M.H./Hakim Pengadilan Agama Nunukan dengan didampingi Panitera, Jurusita Pengganti, dan PPNPN sebagai tim pelaksana.

Terpilihnya Kecamatan Sei Menggaris menjadi salah satu tempat prioritas kegiatan sidang terpadu karena lokasinya yang jauh dari Kantor Pengadilan Agama Nunukan sehingga untuk dapat bersidang di Kantor Pengadilan Agama tersebut masyarakat membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga untuk memudahkan dan meringankan masyarakat di Sei Menggaris, Ketua Pengadilan Agama Nunukan menetapkan lokasi tersebut sebagai tempat prioritas pelaksanaan sidang terpadu. Kemudian, untuk dapat sampai di lokasi tersebut, Tim Sidang Terpadu harus menempuh perjalanan laut dan sungai sekitar 1 Jam 30 Menit dan perjalanan darat 15 Menit.

WhatsApp Image 2024 05 13 at 09.39.02

Dalam kegiatan sidang terpadu tersebut perkara yang disidangkan sebanyak 11 perkara yang kesemuanya adalah perkara permohonan itsbat nikah. Kegiatan Sidang Terpadu tersebut dimulai dengan acara seremonial yang dihadiri oleh Hakim Pengadilan Agama Nunukan, Perwakilan dari Disdukcapil Propinsi Kalimantan Utara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Nunukan, Kepala KUA Kecamatan Sei Menggaris, Perwakilan Camat Kecamatan Nunukan, pejabat desa dan masyarakat pencari keadilan. Dalam sambutannya Hakim Pengadilan Agama Nunukan menyampaikan bahwa bapak dan ibu peserta sidang itsbat harus banyak-banyak bersyukur karena tidak ditarik biaya sepeserpun atau gratis karena biayanya dibebankan kepada anggaran Disdukcapil Propinsi Kalimantan Utara dan Hakim Pengadilan Agama Nunukan dalam sambutannya juga berpesan agar jangan lagi ada nikah dibawah tangan cukup bapak dan ibu saja, jangan sampai ada keluarganya ikut-ikut menikah dibawah tangan karena menikah di bawah tangan tidak memiliki legalitas hukum perkawinan dan sangat merugikan.

Dalam kegiatan Sidang Terpadu tersebut, 10 perkara dikabulkan dan 1 perkara ditolak. Setelah persidangan selesai masyarakat dapat langsung menerima salinan penetapan dan bagi perkara yang dikabulkan dapat sekaligus mendapatkan buku nikah, akta kelahiran anak, kartu keluarga, dan dokumen kependudukan lainnya, akan tetapi bagi perkara yang ditolak masih ada solusi dengan menikah ulang melalui kantor KUA setempat dan untuk kepentingan anak dapat diajukan perkara permohonan asal usul anak melalui Pengadilan Agama.

Informasi Perkara di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Utara

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA NUNUKAN

Komplek Perkantoran Vertikal
Jalan Ujang Dewa, Nunukan Selatan
Nunukan- Kalimantan Utara 77482
Telp: 0556-23939
Email: info@pa-nunukan.go.id

 iconfinder_facebook_386622.png twitter.png iconfinder_social-instagram-new-square2_1164347.png iconfinder_YouTube_2613309.png iconfinder_1_Whatsapp2_colored_svg_5296520.png iconfinder_google_4975305.png
X

Pengadilan Agama Nunukan

FITUR DI NON AKTIFKAN